yuda disastra

Jumat, 03 Juni 2016

Hal-hal yang dilakukan ketika gak lolos PTN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh!

Halo gais, gimana kabarnya? Baek? Alhamdulillah..

Sebelum baca ini gua saranin lo baca dulu cerita gua yang “Gak Diterima di UGM” yaa..


 

Setelah kemarin gua sempet curhat perjuangan gua dalam melihat pengumuman Hasil SNMPTN dan PBUSMAK SV UGM dengan lebay tingkat Planet. Sekarang gua bakal jembrengin (Jelasin) ke kalian semua bagaimana sih rasanya kalo ditolak sama Universitas yang kita idam-idamkan banget nget nget. Contohnya gua, gua dari SMP kelas tiga udah demen banget sama UGM, alasannya adalah karena waktu gua kelas 8, SMP tercinta gua melebihi SMA *eh. Iya, SMP Negeri 1 Kota Serang, ngadain Study Tour 4 hari ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Beuh, sumpah! Waktu Study Tour SMP adalah salah satu pengalaman terbaik dalam hidup gua. Kenapa? pokoe banyak deh alasannya, nanti deh gua bakal cerita kapan-kapan ya hehe :v

Back to topic, semenjak gua Study Tour ke Jogja, entah kenapa gua jadi kesengsem sama Kota ini. Serasa gua tuh pengen banget gitu tinggal lama disini. Jadi anak rantau. Dan akhirnya gua putuskan untuk kuliah di UGM suatu hari nanti biar bisa menikmati keindahan dan kenikmatan tinggal di Kota Pelajar ini. Iya sih, gua waktu itu (SMP) masih belum tau banget UGM itu kek gimana. Yang gua tau tuh UGM adalah Universitas terbaik di Indonesia selain UI dan ITB.

Dan pastinya, sebagian besar orang Indonesia tau UGM, dan gak sedikit juga siswa-siswi yang pengen banget masuk UGM, contohnya gua hehe.

Ya, gua ditolak UGM lewat jalur SNMPTN. Tapi alhamdulllahnya gua akhirnya diterima sama doi (UGM) dijalur PBUSMAK SV hihi love you UGM :* #GAJE. Meskipun gua udah tau kalo gua jadi calon Mahasiswa baru UGM (GAMADA coy!), kenangan-kenangan akan sakitnya dan perihnya ketika tau bahwa gua gak diterima di UGM sesekali masih terlintas dipikiran gua. Karena pada waktu ketika gua sadar bahwa gua ditolak sama UGM, gua mengalami hal-hal dibawah ini nih, dan mungkin aja kalian yang gak lolos masuk UGM, baik SNMPTN, SBMPTN, UTUL, ataupun PBUSMAK SV pernah ngalamin hal yang sama :D. Let’s check this out!

1.     Berhalusinasi


Iya, sesaat setelah gua tau gua gak keterima SNMPTN (UGM), gua jadi galau, serasa gak percaya gitu kalo gua emang beneran ditolak UGM. iya, gua beberapa kali mencoba memasukkan NISN dan Password ke Website SNMPTN.ac.id untuk melihat kembali hasil SNMPTN gua. Berharap hasil pengumuman berubah gitu jadinya gua lolos, dan berangan-angan kalo admin SNMPTNnya itu ngerubah hasilSNMPTN gua jadi lolos. Tapi ya gimana, semua itu hanyalah fatamorgana. Gua tetep galau..

2.    Depresi tingkat Planet



Setelah gua tau kalo gua gak lolos masuk UGM, gua syok! Iya, syok! Gua yang udah mati-matian belajar dari kelas X sampe kelas XII, yang udah mati-matian begadang belajar ditengah malem kayak kampret biar nanti nilai-nilai rapor gua gak naik-turun kayak ingus ternyata tidak sesuai dengan apa yang gua harapkan. Sakit coy sakit.

3.    Tidur seharian untuk lari dari kenyataan


Ya, menurut gua tidur adalah jalan terbaik buat melupakan semua apa yang terjadi. Iya, gua mencoba lari dari kenyataan gak lolos dari UGM dengan tidur seharian, berharap mimpi indah (Lolos masuk UGM) atau gak diterima sama Mawar. Tapi gua sadar kalo tidur tuh emang gak bakal menyelesaikan masalah, dan bahkan malah memperburuk masalah psikologis gua.

*Di dalam mimpi*
*Duduk manis sambil buka Laptop liat hasil SNMPTN*
“Selamat, anda dterima Universitas Gadjah Mada. Untuk pendaftaran ulang, silahkan klik link berikut ini”
*Senyum-senyum kek orang gila*
*Bangun dari tidur, sadar kalo tadi cuma mimpi, galau lagi*

4.    Kehilangan semangat dan tujuan hidup



Dan ketika 2-3 hari berlalu setelah kejadian memilukan, gua pun jadi BAPER dengan gua ditolak UGM. gua jadi seperti orang yang gak punya semangat dan tujuan hidup. Gua udah kayak butiran rinso yang kena air sedikit aja udah ilang. Akhirnya pun berdampak ke keadaan jiwa gua yang semakin down. Huhuhu..

5.    Nafsu makan berkurang


Temen-temen gua bilang kalo gua itu adalah orang yang kalo makan udah kayak orang yang gak pernah makan setahun. Iya, gua tuh kata mereka rakus banget kayak sampah, apa aja masuk. Njay kan? :v tapi berbeda dengan biasanya, ketika gua gak diterima UGM, nafsu makan gua berkurang, mungkin karena terlalu memikirka UGM dan Mawar. Huft..

6.    Menyendiri


Dan gua pun menyadi penyendiri berat, contohnya aja waktu gua pergi ke sekolah buat gladi Perpisahan, gua serasa jadi orang asing, iya, kayak gak kenal siapa-siapa gitu. Gua jadi pendiem (Lah emang dari dulu juga elu mah pendiem Duy, elu tuh pemalu tapi malu-maluin!). Gua hanya bisa menyendiri dipojokan udah kayak pinggiran koreng melihat temen-temen gua yang dengan asiknya ngobrol masalah hasil SNMPTN. Kan kampret kan :v

7.    Fake Smile


Yep, salah satu cara agar gua keliatan strong dihadapan orang-orang adalah dengan ber-fake-smile. Ternyata fake smile itu gak semudah apa yang gua pikirkan. Ketika gua ber-fake smile gua merasa jadi orang yang sok kuat. Iya, misalnya aja ketika gua diitanya sama temen gua
Temen gua yang lolos SNMPTN (TGYLS) : “Gimana Yud, lolos gak di UGM?”
Gua: *Senyum simpul*
TGYLS :”Gimana? Lolos gak?”
Gua: “Enggak coy, mungkin emang belum rezeki kali yaa #LaguLamaAnjay”

8.    Belajar belajar belajar


Yep, ternyata ada sisi positfnya ketika gua tau bahwa gua gak lolos msauk UGM. ya, gua jadi makin semangat belajar, sampe-sampe gua jadi master of anak malem. Iya saking semangatnya belajar, ketika tengah malem disaat orang-orang lain tidur dan ngorok, gua malah sibuk belajar hehe :v

9.    Rajin Ibadah


Dan sisi positif gua gak keterima di UGM adalah gua jadi makin rajin ibadah. Ya, gua sadar kalo usaha dan kerja keras aja gak bakal cukup kalo gak disertai dengan doa dan tawakkal. Gua jadi makin rajin pedekate sama yang diatas, makin rajin inget Allah, dll lah pokoknya mah..

Dan itu lah hal-hal yang gua alamin ketika gua tau kalo gua gak lolos untuk kuliah di UGM, dan gua yakin kalian pun pernah merasakan apa yang gua rasakan diatas. Ya sebenernya lebay juga sih sampe melakukan hal-hal yang emang useless banget buat meratapi hal yang udah terjadi. Semua manusia pasti pernah mengalami masa-masa sulitnya. Dan hal yang harus kita lakukan adalah tetap tenang dan percaya, kalo tuhan punya rencana terbaik buat kita.



Dan saran gua, ketika lo merasa gagal, jangan putus asa, yang lo harus lakin adalah intropeksi diri lo sendiri. Kenapa lo sampe ngalamin kayak gini, dan mencoba mencari solusi untuk ngadepin semua kekecewaan lo, semua kegagalan lo, semua hal buruk yang menimpa lo. Harus tetap bersyukur dan selalu menerima apa yang sudah terjadi, dan harus bekerja keras untuk mengubah semua kekecewaan lo menjadi kebahagiaan lo. Inget! Bekerja tanpa berdoa itu sombong! Dan Berdoa tanpa Bekerja keras adalah malas. Jadi, ngerti kan apa yang gua maksud? Sip. 

Makasih udah baca, maaf bila gua terlalu lebay ya, tapi ya emang gini kenyataannya, based on true story. Pokoknya kalian jangan sekali-kali ngikutin apa yang gua lakuin ketika nanti lo rasain apa yang gua alamin. Gak baik untuk lo nya juga huehuehue

Twitter : @yudadisastra
Instagram : @yudadisastra
FB: IDEM
Dadah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar