yuda disastra

Selasa, 31 Mei 2016

Gak Keterima di UGM

Assalamualaikum Wrahmatullahi Wabarakaaatuh!

Hai hai hai..
Aku kembali, nak *Peluk Bantal* #Lah..

Akhirnya gua bisa merasakan lagi serunya menulis di Blog kesayangan gua setelah tahun kemaren gua coba-coba untuk belajar ngeBlog yaa..

Banyak banget momen yang terlewatkan ketika gua vakum ngeBlog, mulai dari gua naik ke kelas XII yang ternyata kelasnya sama kayak kelas XI sebelumnya (gak diacak). Tapi Betewe ada untungnya juga sih waktu kelas gak diacak. Karena gua gak perlu adaptasi lagi sama suasana baru, dan emang sekarang udah mulai nyaman juga bergaol dengan anak-anak disini (Baca:SMA). Dan sekarang pun gua udah lulus dari SMA, sudah siap melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Yaitu kuliah. Iya, kuliah. Gak kerasa banget ya gua akhirnya bentar lagi jadi mahasiswa, perasaan baru kemaren MOS SMA deh #LaguLama :v
UGM nolak gua sekali waktu SNMPTN, dan mungkin UGM nolak gua dua kali kalo emang nanti tanggal 25 Juni gua gak lolos SBMPTN.  Gua gak keterima untuk ngampus di jurusan kedokteran hewan, iya, jurusan yang gua impi-impikan sedari kelas XI SMA . Sampe-sampe gua pernah nangis karena terjadi pertentangan (Civil War) antara gua dan keluarga gua karena gua kekeuh miih kedokteran hewan. Tapi emang bener, entah kenapa kok gua bisa kekeuh milih jurusan kedokteran hewan di UGM. Ya mungkin emang karena Passion gua di dunia kehewanan kali ya selain di olahraga. Balik lagi ke benang merah. 




Senin, di tanggal 9 Mei 2016
Iya, itu adalah hari dimana pengumuman hasil SNMPTN. Jujur gua gak bisa tidur pada saat itu, gua selalu kepikiran, apakah gua lolos? Apakah temen-temen gua juga lolos? Pfft. Gua udah coba paksain tidur tapi tetep gak bisa, hati gua deg-degan banget, jedag-jedug udah kayak sepiker organ tunggal di acara kawinan. Iya, gua akhirnya gak tidur sama sekali karena terus kepikiran dengan hasil SNMPTN. Pagi-pagi gua masih deg-degan, tapi gak senervous seperti sebelumnya, karena gua coba untuk ngeyakinin diri kalo gua pasti masuk UGM. dan BTW pengumuman hasil SNMPTN itu jam 1 siang, dan selama gua nungguin hasil SNMPTN itu gua coba untuk nenanign diri gua, tapi gak bisa. Sial! Ada apa dengan hati gua? Rasanya campur aduk antara yakin keterima atau enggak. Mungkin karena faktor penentuan masa depan gua bakal ngampus dimana kali ya gua begini. Gua berharap banget keterima di FKH UGM atau enggak Fakultas Peternakan UGM, sengaja gua pilih dua jurusan doang, karena gua emang gak mau ke PTN lain selain UGM. karena menurut gua, UGM adalah rumah yang ditakdirkan oleh Allah buat gua melanjutkan menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Sama sekali gua gak minat sama PTN manapun selain UGM. keren? Keren lah yaa. Hal itu dibuktikan dengan gua bernazar. Iya, gua bernazar kalo emang gua keterima di UGM, gua bakal ngadain syukuran kecil-kecilan di sekolah atau rumah gua (Tumpengan gitu), traktirin teme-temen terdekat gua, dan masih banyak lah. Huh, waktu terus berlalu, dan perasaan gua makin gak karuan, gua liat jam ternyata udah jam setengah satu siang. Berarti kurang dari setengah jam lagi pengumuman SNMPTN. Susah rasanya untuk jalan, kaki udah gak kuat lagi untuk berdiri. Ini adalah salah satu momen paling menegangkan selama gua hidup. Bukannya lebay atau apa, ini masalah keterima atau enggaknya gua di UGM! Ya meskipun gua gak berharap banget sama SNMPTN karena gua juga udah persiapan SBMPTN dari bulan-bulan lalu, tapi entah kenapa sayang banget rasanya kalo SNMPTN gak lolos. Gak tau deh. Dan setelah gua coba untuk relax, gua liat jam udah jam 1 siang, artinya pengumuman SNMPTN udah bisa di cek via website SNMPTN, gua gak berani untuk buka hasil pengumumannya pada waktu itu juga, karena gua juga tau kalo server pasti penuh karena banyak banget yang akses website SNMPTN. 15 menit kemudian, temen-temen gua sms gua, nanya gua keterima atau engga, gua jawab enggak karena emang gua belum siap untuk buka hasilnya. Dan temen gua juga ngasih kabar ke gua kalo yang lain (temen-temen gua) pada lolos SNMPTN, termasuk sahabat gua di SMA, Irpandi sama Apudin, Rosadi dll. Jujur, seneng banget ngedenger berita itu, karena emang gua sama mereka berjuang bareng-bareng buat kuliah di PTN favorit masing-masing, gak cuma berita bagus yang gua dapet, juga ada berita buruk. Ya, ada juga temen gua yang gak lolos SNMPTN, yaa bisa diitung dengan jari lah..
Dan waktu pun berlalu, sampe jam setengah tiga, gua belum juga ngecek hasil SNMPTN, entah kenapa rasanya berat banget untuk liat hasil sendiri. Setelah beberapa menit mengumplkan niat, gua pun bergegas ke warnet deket rumah gua yang jaraknya gak jauh-jauh banget sama rumah gua. Langkah demi langkah gua lakuin menuju warnet dengan perasaan gemetar. Susah rasanya mengumpulkan keberanian untuk ngeliat hasil SNMPTN. Dengan gobloknya gua berdiri didepan warnet sambil bengong mengumpulkan rasa percaya diri. Akhirnya setelah beberapa menit bengong, gua pun mulai untuk nyalain computer. Huh, gak terasa baju gua basah karena keringet dingin. Dan waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba, gua pun mulai untuk membuka website SNMPTN, teruss gua mulai untuk memasukan NISN dan Password gua. Setelah mengisi NISN dan Password, gua berhenti sejenak, mencoba untuk relax ditengah keramaian warnet. Mungkin kalian yang juga ikut SNMPTN pasti ngerasain apa yang gua rasain. Huh, dengan sekuat iman gua pun langsung saja menekan tombol ENTER untuk mengetahui kalo gua lolos atau enggak di UGM.

HUH, sesaat ketika gua tekan tombol ENTER, gua pun mencoba menoleh kea rah monitor. Yang apa yang terjadi?

 YES
YES
YES
YES
YES
YES



 MERAH! Iya, MERAH! Gua ternyata gak keterima SNMPTN! SAKIT rasanya, menangispun gua gak bisa saking sedihnya. Sesaat gua tau gau gak lolos SNMPTN, gua pun buru-buru pulang kerumah untuk menenangkan diri. Sesampainya dirumah pun gua langsung masuk kamar, berbaring terlentang, mencoba untuk menerima kenyataan bahwa gua telah ditolak SNMPTN oleh UGM, universitas favorif gua sejak dulu!. Jujur, gua sama sekali belum pernah pacaran dan gua pun belum pernah tau bagaimana rasanya ketka cinta kita ditolak atau bertepuk sebelah tangan. Tapi menurut gua, DITOLAK UGM 10 KALI LEBIH SAKIT DARIPADA DITOLAK CINTA. Entah itu SNMPTN,SBMPTN, UTUL, DLL. Kalian mungkin yang baca ini menilai kalo gua lebay atau apalah. Tapi ini bener, sakit rasanya ketika apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataannya. Gua sempet down banget. Pada saat itu adalah titik terendah gua sebagai manusia. Entah kenapa semenjak gua tau bahwa gua gak keterima di FKH UGM, hidup gua jadi amburadul dah, jadi gak semangat hidup. Padahal, masih ada 3 jalan lagi menuju UGM. iya, yaitu SBM, UTUL, sama PBU. entah kalian emang ngerasa gua ini lebay atau berlebihan sampe kayak gini segala (Gak nafsu makan, percobaan bunuh diri dipohon kaktus, bengong diatas pohon, sering bersandar dibahu jalan, dll), Gua jadi lesu, lemah, tak berdaya kayak tai dipinggiran kali yang ditimpuk buyar, hidup gua makin acak-acakan. Padahal masih banyak jalur lain menuju UGM.

Why Duy Why? Kenapa lo lemah banget, gagal SNMPTN aja galau. Katanya udah siap SBM. Lah terus ngapain sedih galauin SNM? Bodoh! Gak guna banget lo galauin hasil SNMPTN. Emang dengan lo galau UGM bakal bisa nerima lo? Enggak kan? Yaudah! Payah! Loser!

Dan bukan gua doang yang gak keterima SNMPTN, ternyata Mawar (samaran) juga gak lolos SNM, tidaaaaaaak!!! Huhuhu.. sedih juga ya rasanya jadi minoritas (gak lolos SNM). Gak kayak temen-temen gua yang lega karena gak ngadepin SBM yang katanya soalnya itu 10 kali lebih susah daripada UN.

Tapi sedih gua ternyata Cuma sehari, gak lebih gak kurang. Iya, mungkin karena gua emang udah ngerelain hasil SNM. Dan sehari setelah pengumuman SNM gua pun mulai focus ngerampungin buat daftar SBM, UTUL sama PBU. Seharusnya gua bersyukur, Karena UGM masih memberikan gua kesempatan buat kuliah disana (UGM). tapi disisi lain, gua juga masih kepikiran sama Mawar, dia daftar SBM gak yaa? Dia masih mau ikut tes lagi gak yaa? Jujur, gua pengeeen banget nget berjuang bersama buat masuk PTN bareng dia (Mawar). Iya, ga tau deh kenapa alasannya. rasanya tuh kek ‘’bahagianya dia bahagiannya gua juga’’. Lebay ya? Tapi ya mau gimana lagi, namanya juga *sebagian teks hilang*

Setelah tau hasil SNM, gua pun mulai sibuk pulang pergi dari rumah ke sekolah bolak balik 72Km sehari pake motor. Pegel-pegel dah! Tapi gapapa, demi UGM apapun gua lakuin, demi kamu juga pastinya~
Tapi , satu hal yang gua gak suka setelah kejadian menyedihkan (SNMPTN) adalah gua merasa menjadi orang asing, iya, gua jadi minoritas karena gak lulus SNM. Sedangkan kebanyakan temen-temen gua pada lolos tuh, IYA, LOLOS DI UNTIRTA SEMUA. Gak kebaca? Gua tulis lagi ya. IYA, LOLOS DI UNTIRTA SEMUA. Pfft, Gua jadi terpinggirkan, kayaknya temen-temen gua juga pada gak peduli gitu sama gua. Yaa bisa kali seenggaknya kalian bantu gua sebentar coy! Yaelah…
Sabar, sabar. Tapi mungkin emang salah gua juga kali ya, biarlah mereka seneng-seneng menikmati bereuforia dengan hasil SNMPTNnya. Tapi jangan sampe berlebihan yaa, karena gak baik!
Yes, sampe hari perpisahan pun gua merasa menjadi minoritas dari yang lain. Kampret emang geh kalian nih ah :v iyaa nanti ane juga bakal masuk UGM kok. Semua akan indah pada waktunyaa…

Oiya, tanggal 18 Mei 2016, SMA gua Perpisahan, huhu jujur aja, gua belum siap untuk berpisahdengan kalian, kenapa? karena mungkin gua udah terlanjur klop sama kalian (Anak-anak kelas XII IPA, yes, only IPA). Tapi yaa gimana, pastinya satu persatu dari kalian akan pergi, entah untuk Cita-cita, kemajuan diri, atau mungkin cerita cinta. Tapi satu hal yang pasti. Kalian akan selalu ada dalam ingatan gua. Karena kalian adalah harta paling berharga yang pernah gua milikin saat SMA. Semoga kita semua dapat menjadi orang yang bermanfaat ya diluar sana dan bisa membanggakan SMA tercinta kita :*



 Perpisahan telah berlalu, senang rasanya menyampaikan sambutan terakhir mewakili teman-teman kelas XII. I never forget that moment. I promise.
Ya, setelah perpisahan kesibukan gua sekarang adalah memantapkan diri untuk menjalani SBMPTN tanggal 31 Mei nanti, selain itu juga gua lagi nunggu pengumuman PBUSMAK SV UGM yang dimana gua berjuang keras kesana-kemari  dari Rumah-Sekolah 72 Km sehari pake motor. Huh, capek sih. Tapi buat kuliah di UGM apa sih yang gak gua lakuin :v
BTW pengumuman PBUSMAK SV tanggal 26 Mei. Bagi yang belum tau, PBUSMAK SV UGM itu adalah jalur alternative masuk UGM dimana UGM mencari bibit unggul TERBAIK di seluruh pelosok Indonesia untuk bisa melanjutkan studinya di Universitas Gadjah Mada. Sama halnya dengan SNMPTN, PBU juga menggunakan system penilaian rapor dan juga portofolio akademik maupun non akademik untuk kuliah jenjang D3(VOKASI) dan D4. Yang berbeda, PBU ini mencari 40% siswa terbaik dari seluruh siswa untuk satu sekolah. Dan alhamdulillahya gua termasuk dari 40% siswa terbaik disekolah gua yang menjadikan gua sebagai pendaftar PBUSMAK SV UGM.

BTW, di PBUSMAK SV gua ambil Prodi Kesehatan Hewan sama Teknik Mesin. Alas an gua memilih Kesehatan Hewan karena prodi ini hampir sama persis dengan jurusan favorit gua, iya, Kedokteran Hewan. Dan salah satu alas an lain adalah karena mungkin emang passion gua di dunia fauna kali yaaa. Btw KesWan di Indonesia itu jarang banget lho ada..
Alasan gua memilih Teknik Mesin di PBUSMAK UGM adalah Karena daya tampungnya gede, iya gede, 210 kalo gak salah dan salah satu alas an lain gua pilih prodi ini adalah karena gua ingin meneruskan pekerjaan bokap gua di PT Krakatau Steel :v #UdahItuAja
Hmm.. seperti yang kita ketahui bahwa gua udah sekali ditolak sama UGM, apakah gua ditolak juga sama UGM dijalur SBM, UTUL, dan PBUSMAK SV? Semoga aja enggak yaa.
Ternyata gua belum bisa belajar kesalahan yang sebelumnya udah gua buat. Iya masalah galau karena hasil SNMPTN itu lho. Gua coba untuk tenang tapi gak bisa, ada aja perasaan deg-degan dalam diri gua, gak tau deh kenapa, apa mungkin gua udah addict banget kali ya sama UGM sampe segininya nungguin hasil PBUSMAK SV UGM? huhu… sama seperti SNMPTN.

Hari kamis, tanggal 26 mei 2016
Hari dimana pengumuman PBUSMAK SV UGM. maksud persamaannya adalah gua lagi-lagi bakal liat pengumuman hasilnya di Warnet. Iya, warnet, bedanya, gua kali ini litany male-malem. Kenapa? karena menurut gua malem adalah waktu yang tepat untuk melihat lolos atau enggaknya gua jadi mahasiswa UGM. pfft..
Pada hari H pengumuman, juju raja gua sama sekali gak berani buka itu website karena gua trauma sama hasil SNMPTN kemarin, takut gak keterima lagi. Padahal dari pagi sampe maghrib ibu gua udah nyuruh gua untuk buka pengumumannya, karena dia mau tau anaknya lolos gak masuk Universitas terbaik di Indonesia. Baiknya, ibu gua selalu mendoktrin gua kalo gua pasti keterima di UGM, dengan adanya itu, percaya diri gua dikit-dikit mulai menjadi bukit. tapi berbeda dengan bokap gua, iya, dia malah berspekulasi kalo gua gak lolos lagi di UGM karena ketidakberanian gua untuk melihat hasil PBUSMAK nya. Parah parah~

Malam pun tiba, cuacanya kebetulan lagi mendung, dan sesudah maghrib gua dipaksa sama ibu gua buat liat hasil PBUSMAK UGM, padahal saat itu juga keberanian gua masih belum terkumpul, karena entah kenapa gua gak pede gitu bakal lolos karena daya tampungnya yang sedikit ditambah saingannya yang bejibun banyaknya. Dan bokap gua pun meyakini gua bahwa gua mungkin gak lolos masuk UGM lagi. Saat itu juga tubuh gua langsung lemes gak berdaya. Kali ini badan gua emang bener bener layu, gak bisa apa-apa saking takutnya buka pengumuman. Tapi ibu gua tetep meyakinkan gua untuk pergi ke warnet buat ngecek pengumumannya sekarang. “Ya allah, kuatkanlah hamba” suara hati kecil gua berkata..

Dan akhirnya, gua pun pergi ke warnet untuk ngeliat hasil pengumuman PBUSMAK SV. Berat rasanya untuk berjalan, saking gemeternya sampe segininya nih badan. Huh, gua pun sampe di warnet, dan dengan nekatnya gua mencoba duduk didepan monitor, dan ternyataaaaaaa……….. L((((((((((
Gua gak bisa buka sekarang, gua gak bisa. Entah kenapa berat rasanya untuk buka website UGM untu liat pengumuman sekarang ini. Akhirnya gua pun nyoba liat temen temen gua yang ikut PBUSMAK SV di twitter yang sengaja gua follow sebelum pengumuman supaya tau apa mereka lolos atau enggak di UGM. mengecewakan…. Banyak dari temen gua yang uga follow gak keterima, dan yang keterima pun Cuma satu dua orang doang, alamat…..

Akhirnya gua pun memberanikan diri untuk ngecek hasil pengumumannya. Uh.. Gua pun memulai memasukan alamat email dan password. Dan tanpa pikir panjang, gua pun langsung menekan tombol enter. Dan yang terjadi adalah…………….








 SAMA SEPERTI SNMPTN!!!!!!












 YA ENGGAK LAH!



 YES! AKHIRNYA GUA KETERIMA DI UGM!
Kebaca gak? Nih gua ulangi ya..
YES! AKHIRNYA GUA KETERIMA DI UGM!
Masih gak kebaca? Sekali lagi deh..
YES! AKHIRNYA GUA KETERIMA DI Universitas Gadjah Mada! KALI INI LENGKAP BUKAN DISINGKAT-SINGKAT LAGI..
Setelah tau emang gua beneran lolos PBUSMAK UGM, gua berdiri terus berselebrasi bagaikan Dniel Bryan waktu menangin Double WWE Champ di WrestleMania! (WWE FANS pasti tau dong) Sampe-sampe gua ditanya “kenapa Yud?” sama penjaga warnetnya. Dan dengan santainya gua jawab : “Gapapa, oiya, ada kabel data gak?” #GakPentingSumpah

Dan jujur, waktu itu emang udah hujan, gua langsung aja pulang kerumah dari warnet, dan pastinya gua udah bayar warnet ya. Hal yang pertama gua lakuin ketika sampe rumah adalah ngucapin syukur Alhamdulillah sama Allah, terus bilang kalo gua keterima di UGM sambil peluk ibu dan bokap gua. Ini adalah salah satu hari terbaik yang pernah gua alami..
Ya, gua pun INSYAALLAH mungkin menjadi salah satu siswa disekolah gua angkatan 2015/2016 yang kuliahnya di luar Banten. Iya, gua kuliah di UGM, Universitas Gadjah Mada. Salah satu Universitas terbaik di Indonesia.

Terima kasih telah membaca “Gak Keterima di UGM”. Semoga kalian ikut senang ya karena saya lolos untuk kuliah di UGM. 

Dan untuk temen-temen gua, terima kasih udah baca, maaf bila dalam tulisan Blog gua kali ini ada yang menyinggung kalian atau enggak. Yang pasti, jujur gua cuma pengen sharing bagaimana rasanya ditolak UGM, bagaimana rasanya berjuang untuk kuliah di UGM.
Cerita gua lebay ya? Iya sih kalo dipikir-pikir mah lebay juga. Tapi ya mau gimana lagi, selain harus berusaha, kita juga harus selalu tawakkal, berserah diri kepada Allah karena Allah yang maha penentu segalanya..

“ Gimana gak lebay coba, masa Gak keterima SNMPTN aja Galaunya setengah mati, padahalkan masih banyak jalur lain juga untuk masuk UGM! Pffft… itu tandanya lo belum siap SBM/Ujian Mandiri!!! ” –Hati kecil Yuda Disastra-


TERIMA KASIH,
ASSALAMALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH!

Di SHARE monggo...

2 komentar:

  1. nilai rata rata rapotnya berapa kak ?
    Apa asal sekolah dan mapel tertentu berpengaruh sama Prodi di jalur PBUSMAK ?

    BalasHapus
  2. Kak, pbusmak bisa bidikmisi gak?

    BalasHapus