yuda disastra

Minggu, 13 Januari 2013

Contoh Pidato Pendidikan



Assalamualaikum  Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah,bapak dan ibu guru tercinta serta teman-teman yang saya banggakan.Marilah kita bersama-sama bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa,karena berkat rahmat dan hidayahnya kita masih dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa ada kekurangan.

Hadirin sekalian yang saya banggakan,

Dalam kesempatan yang baik ini,saya ingin menyampaikan pidato yang berjudul “Pentingnya wajib belajar Sembilan tahun” ,yaitu program  yang gencar digalakkan oleh departemen pendidikan nasional (depdiknas). Program ini mewajibkan setiap warga Negara untuk bersekolah selama Sembilan tahun, yaitu dari tingkat kelas 1 Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Seperti Kita ketahui bersama, Pendidikan merupakan satu aspek penting bagi pembangunan bangsa. Karena itu, hampir semua bangsa menempatkan pembangunan pendidikan sebagai prioritas utama dalam program pembangunan nasional. Sumber daya manusia yang bermutu, yang merupakan produk pendidikan, merupakan kunci keberhasilan pembangunan suatu Negara.

Sejak tahun 1984,pada masa menteri pendidikan pendidikan wajib belajar Sembilan tahun  sudah ditetapkan. Namun mada waktu itu pendidikan belum dapat dinikmati oleh seluruh warga Negara Indonesia karena keadaan ekonomi masyarakat belum mencukupi untuk bias mengenyam pendidikan secara penuh. Padahal, bagi bangsa Indonesia pendidikan sesungguhnya adalah komitmen antara Pemerintah dan masyarakat, seperti yang terdapat  dalam UUD 1945 yaitu tujuan negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.
Untuk penuntasan Wajib Belajar 9 Tahun, disamping pemberian dana atau subsidi yang lain, ada BOS. Yaitu bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan Salah satu dana kompensasi untuk mengurangi beban masyarakat, khususnya masyarakat miskin, dalam membiayai pendidikan. Dan Salah satu upaya menuntaskan wajar 9 tahun, antara lain menambah daya tampung SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan membangun unit sekolah di daerah yang belum memiliki SMP/MTs dan menambah ruang kelas bagi daerah memiliki SMP/MTS.

Sebenarnya tujuan diadakannya program Wajib Belajar 9 Tahun, diharapkan jumlah anak putus sekolah bisa dikurangi dan juga sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia serta penuntasan wajib belajar yang tidak hanya merupakan upaya agar anak masuk ke sekolah, akan tetapi sekolah dengan sistem pembelajaran yang berkualitas. Namun rendahnya partisipasi sebagian kelompok masyarakat dalam mendukung wajib belajar, sebagai akibat adanya hambatan geografis, sosial ekonomi dan budaya masyarakat setempat mengakibatkan program ini terhambat.
Terkait dengan itu semua sebagai masyarakat yang baik, Kita harus ikut berpatisipasi atau ikut serta dalam mendukung Wajib Belajar 9 Tahun ini. Karena program ini sangat baik untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab masyarakat terhadap masa depan generasi penerus bangsa yang berkualitas serta upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sekian pidato dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua,dan semoga pendidikan di negeri kita semakin baik. Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah,kurang lebih nya saya ucapkan terima kasih banyak kepada bapak kepala sekolah dan bapak ibu guru serta teman-teman yang saya banggakan.

Akhir kata Wabillahi Taufik Wal Hidayah
Wassalamu Alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar